Minggu, 09 Oktober 2011

what is the meaning of "stay foolish"?

bagi temen2 yg pinter bhs inggris,
tolong beritahu saya donk, apa bedanya fool dan foolish?

kalo kata pak mario, fool itu bodoh.
fool adalah sebuah kata benda.(orang bodoh)
fool bisa juga kata kerja (membodohi)
atau bisa juga diartikan kata sifat (bodoh)

sedangkan foolish hanya punya kedudukan sebagai kata sifat.
(bodoh, dungu, nekat, goblok, gila-gilaan)

nah,
kalo pesannya alm Steve Jobs itu,
"stay hungry, stay foolish" atau
"stay hungry, stay being fool" atau
"stay hungry, stay feeling fool" ?


saya c orang ga pinter bhs inggris ya,
TOEFLnya cuma rata2 aja. bukan istimewa.

jadi, semoga ulasan saya dibawah ini salah.
hahahaha....

selama ini orang mengartikan "stay hungry"
adalah tetaplah lapar.
ya, saya juga setuju dengan itu.
tetaplah lapar, sehingga kita punya semangat untuk mencari rezeki, melakukan sesuatu dalam hidup ini.

nah yg jadi masalah adalah arti dari "stay foolish"
kalo orang kebanyakan bilang artinya "tetaplah merasa bodoh."
padahal klo saya bhs inggriskan, maaf ini bhs inggris versi saya, versi konyol.
tetaplah merasa bodoh= stay feeling fool.

bukan saya ga setuja dengan pesan "tetaplah merasa bodoh"
tapi menurut saya, pesan itu sudah termasuk dalam kalimat "stay hungry".
orang "hungry" ga cuma perut. termasuk otak dan hati.
tetaplah lapar bukan berarti hanya lapar perut,
tapi juga lapar akan ilmu, pengalaman, pengertian, cinta, iman, aktualisasi diri, dan sebagaimnya.
tetaplah lapar!

ada juga orang yg mengartikan "stay foolish"
sebagai "tetaplah bodoh"
kalo diubah jadi versi bhs inggrisnya saya, jadinya "stay being fool"

kalo ini saya ga setuju,
masa kebodohan dipelihara?
hahaha....

nah, menurut saya yg ga pinter bhs inggris ini,
"stay foolish" artinya "tetaplah bertingkah bodoh"

foolish artinya bertingkah bodoh, bertingkah konyol.
bertingkah layaknya anak kecil yg ga pake mikir, yg ga bisa pelan2 (kalo kata iklan lifebu*y)

ini yg paling saya setuju. hahaha...

soalnya di Indonesia ini udah kebanyakan orang yg merasa bodoh,
jadinya mau ngapa-ngapain takut.
mau usaha takut, karena merasa masih bodoh.
mau nyoba jualan takut, karena merasa masih bodoh.
mau bertindak takut, karena merasa masih bodoh.

karena merasa bodoh,
mereka berbondong-bondong untuk sekolah sampai setinggi langit.
giliran udah selesai sekolah, tetap merasa bodoh.
akhirnya takut memulai usaha.
karena takut, ya sudahlah sementara jadi pegawai dulu, jadi karyawan.
udah jadi karyawan, karena tetap merasa bodoh, ya sudah lah, bertahan saja.
ga jadi bikin usaha. kan saya masih bodoh.

semakin banyak tenaga terdidik menginginkan lapangan kerja yang gajinya tinggi.
padahal lapangan kerja ga banyak, jadinya pemilik usaha bebas mematok upah kecil.
bagi para manusia terdidik, mau cari kerja dimana lagi? kalo ga keluar negeri?

Indonesia butuh orang2 yang konyol, yang GILA, yg kaya anak kecil.
mereka orang yg ga kenal risiko. alias ga tau kalo ada risiko di depannya.

orang kalo mau mengatasi risiko, ada dua cara.
siapkan strategi untuk mengatasi risikonya,
atau ga usah tau sekalian kalo ada risikonya.

orang foolish ga ngerti kalo ada risiko di depannya,
yang penting lakukan saja! bodo amat!
gila-gilaan aja lah, ntar kalo ketemu rintangan ya trobos aja!
peduli amat!

kaya anak kecil belajar sepeda, peduli amat mau jatuh berapa kali!
semakin sering jatuh, semakin penasaran dan semakin kencang laju sepedanya!
ujung2nya, berhasil juga kan?

yap, "stay foolish" bagiku adalah tetap GILA!
gila untuk mengaktualisasikan diri,
gila untuk mencari ide2 gila,
gila untuk berani melakukan ide2 gila.
gila untuk siap menghadapi risiko,
gila untuk siap bertanggung jawab.


"stay hungry, stay foolish"

"tetaplah lapar, tetaplah GILA!"
hahaha....

@gila_indonesia

_kalo bermanfaat, silakan dibajak, silakan disebar, semoga makin bermanfaat.
kalo ga berguna, close aja.

5 komentar:

  1. haha...gw banget..:))
    thanks for inspired me...^^

    BalasHapus
  2. asik tetap foolish
    perilaku bodo amat ah :D

    BalasHapus
  3. stay foolish sama stay feeling fool itu sama maknanya "tetaplah merasa bodoh" :)
    kalo stay being fool itu artinya tetaplah jadi orang bodoh.

    BalasHapus
  4. mereka orang yg ga kenal risiko. alias ga tau kalo ada risiko di depannya

    BalasHapus